KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN SISTEM: Perencanaan Sistem dan Proses Perencanaan Sistem

A.     Kebijakan Dan Perencanaan Sistem

1.      Definisi Perencanaan Sistem
Perencanaan sistem merupakan salah satu tahapan atau fase pengembangan sistem yang pertama, menetukan suatu rangkaian atau kerangka kerja yang menyeluruh. Yang melibatkan manajer profesional guna menemukan strategi untuk mendukung rencana yang telah di tetapkan oleh suatu organisasi.

2.      Definisi Proyek Sistem
Proyek adalah kegiatan yang melibatkan berbagai sumber daya yang terhimpun dalam suatu wadah (organisasi) tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk melakukan kegiatan yang telah di tetapkan sebelumnya atau untuk mencapai sasaran tertentu.
Proyek sistem adalah pengembangan sebuah sistem informasi dalam satu organisasi.

B.     Proses Perencanaan Sistem

Proses perencanaan sistem di bagi dalam 3 proses utama, yaitu :

1.      Merencanakan proyek – proyek sistem, meliputi :
a.       Mengakaji tujuan, perencanaan strategi dan taktik perusahaan
Perencanaan sistem harus sejalan dengan tujuan perusahaan.

b.      Mengidentifikasi proyek – proyek sistem.
Menentukan proyek – proyek sistem informasi yang di butuhkan dalam suatu organisasi.
Contoh : dalam peruasahaan bisnis proyek-proyek sistem informasi dapat berupa sistem informasi untuk :
-          Pengendalian distribusi
-          Pengendalian produksi
-          Pengendalian keuangan
-          Pengendalian persediaan

c.       Menetapkan sasaran proyek – proyek sistem.
Sasaran ini merupakan apa yang ingin di capai oleh masing – masing proyek sistem.
Contoh : sistem informasi penjualan, memiliki sasaran
-          Memberikan pelayanan order kepada pelanggan dengan lebih baik
-          Meningkatkan volume penjualan.
-          Menyediakan laporan penjualan yang tepat waktu kepada manajer marketing.

d.      Menetapkan kendala proyek-proyek sistem
Ada 3 faktor kendala :
1.      Masalah dana
2.      Masalah waktu
3.      Mengenai batasan peraturan yang berlaku pada perusahaan tersebut.

e.       Menentukan prioritas proyek-proyek sistem.
Yaitu menetukan proyek-proyek sistem mana yang perlu di kembangkan terlebih dahulu, tentunya proyek-proyek sistem yang sangat diperlukan dan mendesak harus di prioritaskan.

f.       Membuat laporan perencanaan sistem
Isi dari laporan perencanaan sistem tersebut :
-          Latar belakang organisasi
-          Proyek sistem informasi yang di rencanakan
-          Sasaran pengembangan sistem informasi
-          Kendala di dalam pengembangan sistem informasi
-          Menentukan prioritas-prioritas proyek sistem informasi.
g.       Meminta persetujuan manajemen.

2.      Mempersiapkan proyek – proyek sistem yang akan di kembangkan, meliputi :
a.       Menunjuk team analis
b.      Mengumumkan proyek pengembangan sistem.

3.      Mendefinisikan proyek – proyek di kembangkan , meliputi :
a.       Melakukan studi kelayakan
b.      Menilai kelayakan proyek sistem
c.       Membuat usulan proyek sistem.
d.      Meminta oersetujuan manajemen.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Metodologi Waterfall dan SDLC (System Development Life Cycle)

METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM: Alat dan Teknik dalam pengembangan sistem, Analisis sistem & Pemrograman sistem, Pengetahuan & Keahlian yang dibutuhkan analisis sistem, Team pengembangan sistem.

PENDEKATAN PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK